Energi Baik Untuk Kita Semua

GAS Kids

Bahaya Sedotan!

Sedotan yang kita gunakan setiap hari ternyata menyumbang delapan juta ton sampah plastik yang mengalir setiap tahun ke lautan. Memang bukan sebagai kontributor utama, namun tabung kecil dan ramping ini, kini menjadi  pusat dari kampanye lingkungan yang bertujuan meyakinkan orang untuk berhenti menggunakan sedotan untuk membantu menyelamatkan lautan.

Kecil dan ringan, sedotan seringkali tidak dibuang ke tempat sampah untuk didaur ulang. Meskipun  berjumlah sebagian kecil dari plastik laut, ukurannya membuat sedotan sebagai salah satu pencemar yang paling berbahaya. Sebab sedotan melibatkan hewan laut dan dikonsumsi oleh ikan. Video para ilmuwan mengeluarkan sedotan yang tertanam di hidung penyu menjadi viral di tahun 2015.

Tidak ada angka penggunaan global, tetapi orang Amerika sendiri menggunakan 500 juta sedotan setiap hari. Di Indonesia sampah plastik di lautan Indonesia sudah mencapai jumlah yang mengkhawatirkan. Menurut peneliti  ahli lingkungan Jenna R. Jambeck tahun 2015, Indonesia menduduki posisi kedua dunia sebagai negara penghasil sampah plastik ke laut. Per tahunnya Indonesia menyumbang hingga 1,29 juta metrik ton sampah plastik yang berakhir ke lautan. Angka ini setara dengan 215 ribu ekor gajah jantan afrika dewasa berbobot 6 ton. Peringkat pertama adalah Tiongkok dengan jumlah sampah plastik di lautan mencapai 3,53 juta metrik ton per tahun. Lebih spesifik lagi, menurut data yang dikumpulkan oleh Divers Clean Action, perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya mencapai 93.244.847 batang. Sedotan-sedotan tersebut datang dari restoran, minuman kemasan, dan sumber lainnya (packed straw).

Jumlah sedotan sebanyak itu jika direntangkan akan mencapai jarak 16.784 km, atau sama dengan dengan jarak yang ditempuh dari Jakarta ke kota Meksiko.

Dihitung per minggu, pemakaian sedotan akan mencapai 117.449 km, atau hampir tiga kali keliling bumi. Jarak satu keliling Bumi adalah 40.075 km.

Related posts
GAS Kids

Bijak Menggunakan Laptop

GAS Kids

Buah Menteng, Apaan Sih?

GAS Kids

Jangan Biarkan Air Menetes

GAS Kids

Semar Gareng di Gerobak Es Dawet

Daftar untuk berlangganan surat kabar kami dan tetap ter-update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *