Type to search

Kesehatan

3 Cara Tetap Bugar di Bulan Puasa

Share

Tidak makan seharian saat bulan puasa seringkali menjadi alasan badan menjadi kurang bugar dan sehat, aktivitas pun dijalankan dengan perasaan lemas. Berikut adalah 3 cara supaya tetap bugar saat bulan Ramadan, yuk simak!

Atur Pola Makan

Ketika sahur, ada baiknya tidak makan secara berlebihan. Terutama, hindari makanan yang berlemak dan bersantan. Penyebabnya, jenis makanan ini dapat membuat perut terasa penuh dan kembung pada pagi hari. Perbanyak sayur, buah, dan makanan berserat agar tidak terjadi penumpukan di saluran pencernaan. Makanan berserat juga menimbulkan perasaan kenyang lebih lama loh.

Saat buka puasa, perkenalkan perut terlebih dahulu dengan makanan ringan, tidak langsung makanan berat. Agar perut yang telah kosong seharian tidak langsung kaget.

Olahraga Ringan

Sempatkan tetap berolahraga ringan selama bulan puasa. Alternatif olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki atau sepeda santai. Waktu olahraga yang dapat dipilih misalnya ketika sesudah berbuka puasa. Olahraga ringan bermanfaat menjaga aliran darah tetap lancar dan menjaga kebugaran selama bulan puasa.

Minum Air Putih

Kebutuhan cairan setiap orang dapat berbeda-beda, namun setidaknya usahakan meminum air hingga 2 liter per hari. Kenali tubuh dan waktu-waktu meminum air saat bulan puasa, agar tidak terjadi kembung atau malah dehidrasi. Saat sahur, sempatkan dulu minum air putih 15 menit sebelum makan, agar tidak mengganggu pencernaan. Begitu pula saat berbuka, jangan barengi minum air putih dengan makan banyak, karena dapat menyebabkan kembung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *