Type to search

Kesehatan

Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Share

Libur lebaran telah usai. Kini saatnya kembali ke pekerjaan sehari-hari. Agar tubuh makin sehat dan produktif setiap hari, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di pagi hari, yang ternyata dapat memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh.

Bergerak dan Pemanasan

Sempatkan melakukan pemanasan ringan di pagi hari. Bangun dari tempat tidur, ada baiknya bila tidak langsung melakukan gerakan ekstrim. Lakukan pemanasan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Untuk bagian kepala, gerakan leher secara ringan. Untuk bagian tangan kepal dan buka telapak tangan secara berkala. Meskipun terlihat ringan dan sepele, gerakan-gerakan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Terkena Sinar Matahari Pagi

Sempatkan berjemur sejenak atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi memiliki beberapa manfaat, diantaranya mengubah kolesterol kulit menjadi vitamin D yang dapat memperbaiki serapan kalsium untuk memperbaiki tulang, meredam kolesterol darah, hingga memproduksi glikogen yang dapat membantu memperlancar pernapasan. Berjemur di pagi hari dapat dilakukan sambil melakukan kegiatan lain, seperti sarapan atau olahraga sejenak di beranda rumah.

Sarapan

Sarapan merupakan jam makan utama yang sebaiknya tidak dilewatkan. Sebab, dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan energi baik dari asupan makanan. Energi tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivitas di siang hari. Sarapan juga dapat mengendalikan nafsu makan seharian, hingga baik untuk mengontrol pola makan dan berat badan.

Konsumsi Vitamin

Dengan mengkonsumsi multivitamin atau suplemen, tubuh akan mendapatkan energi untuk berkegiatan seharian penuh. Selain mengkonsumsi dalam bentuk pabrikan, kandungan vitamin juga bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Vitamin yang dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet diantaranya vitamin B12, omega-3, dan vitamin E yang merupakan vitamin terbaik untuk dikonsumsi. Pasalnya, vitamin tersebut memiliki manfaat untuk menambah energi, meningkatkan semangat, menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *