Type to search

Kesehatan

Makanan yang Baik Bagi Tubuh Saat Berpuasa

Share

Dari yang tadinya makan tiga kali sehari di waktu pagi, siang, dan sore, menjadi makan hanya dua kali pada pagi sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Dari yang tadinya menerima asupan cairan dan cemilan seharian, menjadi kosong selama lebih 12 jam. Ketika puasa, apa sih yang sebetulnya terjadi pada tubuh kita?

Pembakaran Lemak

Ketika tidak berpuasa, cadangan gula alias glukosa tubuh tersimpan di liver dan otot sebagai sumber energi utama. Selama puasa, penyimpanan glukosa inilah yang dibakar pertama untuk memasok energi bagi tubuh kita. Setelah itu, sumber energi selanjutnya adalah lemak.

Apabila lemak telah habis, tubuh terpaksa menggunakan protein sebagai sumber energi. Protein yang dipecah berasal dari otot, sehingga otot lama kelamaan menjadi kecil dan lemah, sehingga hal ini harus dihindari. Itu sebabnya, diharuskan untuk menyegerakan berbuka puasa.

Proses Detoksifikasi

Ketika tubuh memecah lemak untuk membakar energi, berbagai macam toksin atau racun yang tersimpan dalam lemak yang terpecah tentu terolah dan ikut dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, puasa membuat tubuh lebih sehat dan bersih dari racun-racun.

Usus Beristirahat

Akibat terhentinya proses pengolahan makanan berhenti, proses penyerapan nutrisi dalam usus pun ikut terhenti. Tidak ada proses pergerakan stagnan dalam usus, dan hanya terdapat gerakan reguler usus kecil tiap 4 jam. Penyerapan air pada usus besar pun turut dikontrol untuk menjaga keseimbangan cairan. Hal ini membuat organ kita yang biasanya selalu aktif mengolah makanan, usus, menjadi beristirahat.

Agar tetap sehat selama berpuasa, kita perlu memastikan tubuh mendapat asupan yang diperlukan. Karbohidrat dan lemak dibutuhkan untuk memastikan ketersediaan energi, namun dalam jumlah yang dibutuhkan. Konsumsi air putih juga dibutuhkan untuk menjaga berbagai organ dan menjauhkan tubuh selama dehidrasi. Tubuh yang sehat juga membuat ibadah menjadi lancar, loh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *