Type to search

Kesehatan

Memperjuangkan Kesehatan Manusia Lewat Keseimbangan Ekologis

Share

Lembaga kesehatan dunia World Health Organization (WHO) mendefinisikan kesehatan lingkungan sebagai suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Apa yang dimaksud dengan kesehatan lingkungan?

Senada dengan definisi Kesehatan Lingkungan milik WHO, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) mendefinisikan kesehatan lingkungan sebagai suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.

Definisi keduanya memiliki benang merah yang sama: bagaimana mencapai keadaan sehat pada seorang manusia melalui lingkungan yang seimbang antara manusia dan makhluk hidup lain yang ada di sekitarnya. Sebagaimana salah satu tujuan kesehatan lingkungan yang adalah memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan serta kesejahteraan hidup manusia.

Tidak hanya tentang bertindak memodifikasi bahaya lingkungan terhadap kesehatan, tujuan lain kesehatan lingkungan juga berupa pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan dari segi regulasi, memanfaatkan peraturan pengelolaan lingkungan, agar tidak membahayakan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Ilmu Kesehatan Lingkungan sendiri mempelajari dinamika hubungan interaktif antara manusia  dengan berbagai macam perubahan komponen lingkungan hidup yang dapat berpengaruh kesehatan masyarakat umum.

WHO menerbitkan ruang lingkup dari kesehatan lingkungan ini sendiri, termasuk di dalamnya mengenai pengelolaan limbah, penyediaan air, kebersihan makanan, kesehatan kerja, hingga pengendalian kebisingan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *