Type to search

Kesehatan

Menjaga Kesehatan Setelah Bulan Puasa

Share

Tubuh kita mengalami berbagai penyesuaian dan kebiasaan ketika bulan puasa. Mulai dari waktu makan yang sudah pasti berubah, jam tidur, hingga kebiasaan berolahraga. Saat ini bulan puasa telah usai, berikut adalah tips agar tubuh tetap bugar saat kembali ke rutinitas setelah sebulan berpuasa.

Sesuaikan Porsi dan Pilihan Makanan

Sepanjang bulan puasa, waktu makan berubah menjadi dua kali sehari. Ketika tubuh mulai terbiasa dengan pola makan dua kali, setelah bulan puasa usai dan tubuh harus kembali lagi ke pola makan awal, yaitu makan tiga kali sehari. Ketika tubuh beradaptasi, tak jarang ditemui gejala seperti kembung dan mual. Bantu tubuh beradaptasi dengan memilih makanan yang ramah di perut. Pilih makanan padat gizi seperti alpukat, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt serta buah-buahan. Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti makanan yang digoreng, makanan pedas, dan makanan yang mengandung gas seperti kol, toge, dan tape.

Atur Kembali Pola Tidur

Ketika bulan puasa, perubahan pola tidur yang minimal terjadi secara rutin adalah bangun dini hari untuk melaksanakan makan sahur. Atur kembali pola tidur dengan membiasakan diri tidur lebih cepat. Tidur lebih awal saat malam hari dapat dilakukan dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman  dengan pencahayaan redup. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung melatonin seperti cherry, strawberry, anggur, almond dan kenari agar dapat membantu tubuh beristirahat pada malam hari.

Olahraga Teratur

Jika saat bulan puasa rutinitas berolahraga sempat terganggu atau terhenti, mulai kembali aktivitas olahraga secara ringan, namun rutin. Misalnya dengan berjalan kaki atau berlari di pagi hari selama 30 menit. Ketika tubuh sudah terbiasa kembali ke aktivitas fisik, tambah durasi olahraga secara bertahap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up