Type to search

Kesehatan

Tetap Berolahraga di Bulan Puasa

Share

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman hingga 13 jam sehari. Namun, hal ini jangan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Berikut adalah beberapa tips yang dapat disimak untuk tetap berolahraga demi menjaga kebugaran saat bulan puasa.

Perhatikan waktu olahraga

Sebagaimana di hari-hari biasa, preferensi orang dalam memilih waktu menjalankan olahraga berbeda-beda. Begitu pula saat bulan puasa. Namun, ada dua waktu pilihan menjalankan olahraga ketika berpuasa. Ada yang lebih suka olahraga saat menjelang buka puasa, karena perut masih dalam keadaan kosong, namun dapat segera mendapat asupan makanan ketika berbuka. Ada pula yang suka olahraga sesudah buka puasa, karena dapat memaksimalkan lemak yang dibakar dan menjaga tubuh dari kekurangan gula.

Banyak konsumsi cairan

Berbagai olahraga yang dilakukan membuat tubuh mengeluarkan cairan melalui keringat. Ingat untuk mengganti cairan tersebut saat berbuka, sahur, dan di malam hari agar tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi. Pastikan minum air sesuai kebutuhan ya, mulai dari 1,5 hingga 2 liter per hari.

Pastikan tidur yang cukup dan efektif

Untuk mengimbangi energi yang dibakar ketika berolahraga, pastikan juga tubuh tetap bugar dengan memperharikan waktu tidur. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 hingga 9 jam sehari. Perhatikan juga waktu makan, ya. Beri jeda beberapa jam setelah makan untuk pergi tidur, agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan metabolisme tubuh tidak terganggu.

Tetap bisa berolahraga saat bulan puasa? Tentu saja. Namun jangan lupa perhatikan hal-hal di atas, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *