Type to search

Kesehatan

Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran

Share

Perjalanan mudik menjadi waktu yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tak sabar bertemu sanak saudara di rumah, tak sabar pulang ke kampung halaman. Namun, pastikan tubuh tetap sehat saat perjalanan mudik, salah satunya dengan cara berikut ini.

Pastikan Kondisi Badan dalam Keadaan Fit

Terlebih jika membawa kendaraan pribadi, pastikan badan dalam kondisi yang sehat. Jangan minum obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama perjalanan, dan pastikan menyempatkan 15 menit waktu istirahat setiap 4 jam menyetir. Terdapat banyak perhentian di jalan baik itu posko mudik maupun restoran yang memfasilitasi istirahat, sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas karena mengantuk atau kelelahan.

Persiapan yang Memadai

Bila kondisi tubuh sudah prima, persiapan lain juga tak kalah penting. Bila membawa kendaraan sendiri, pastikan kendaraan dalam kondisi baik, semua komponen berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila menggunakan moda transportasi umum, ada baiknya melihat resiko delay atau kemacetan lainnya, sehingga dapat disiapkan bekal yang memadai dan alat penunjang kenyamanan seperti jaket atau bantal leher.

Bawa Pertolongan Pertama untuk Pribadi

Terserang sakit maag atau masuk angin saat perjalanan mudik? Kenali diri dan potensi penyakit yang dapat muncul, dan bawa obat-obatan alias pertolongan pertama yang diperlukan. Terlihat sederhana dan sepele, namun membawa dampak besar loh, untuk kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Jaga Kebersihan

Saat mudik dan ramai orang, pasti diikuti pula dengan keramaian penjaja jajanan. Pastikan membeli makanan yang benar-benar bersih dan terjamin untuk menjaga kesehatan. Selain itu, waspada dan jangan terima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up