Type to search

Kesehatan

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Share

Setelah menahan nafsu selama sebulan penuh selama puasa, Lebaran sering kali dijadikan momen “makan besar”. Terlebih lagi, makanan khas Lebaran di Indonesia terkenal dengan menu-menu berlemak dan bersantan. Sebut saja opor, gule, dan rendang.

Lebaran memang patut dirayakan dengan makan nikmat, tapi jangan lupa menjaga kesehatan badan. Berikut beberapa tips untuk makan lebih sehat saat momen Lebaran tiba.

Makan Teratur

Di Hari Raya Idul Fitri, penting untuk menjaga jadwal makan agar tetap teratur. Setelah sebulan berpuasa, kembalikan jadwal makan anda menjadi tiga kali sehari, jangan mengambil porsi yang terlalu besar setiap kali makan. Jadwalnya makan pagi sesudah shalat, selingan pagi, makan siang, selingan sore dan makan malam. Usahakan mengambil makan sesuai dengan porsi makan ketika hari-hari biasa.

Makan dengan Gizi Seimbang

Ketika lebaran, biasanya hidangan protein khas seperti daging sapi pada gule dan rendang, maupun ayam pada opor. Ketika mengkonsumsi hidangan ini, jangan lupa menyertakan sayuran dan buah setelah makan. Kurangi juga mengambil terlalu banyak kue kering dan minuman manis, karena akan menambah kadar gula dalam tubuh.

Kembalikan Menu Makan Sehat

Setelah melewati hari-hari lebaran, bersiaplah untuk kembali ke menu makan sehari-hari yang sehat dan mengandung gizi seimbang. Sah-sah saja berpesta daging dan santan ketika lebaran, namun segera kembali ke pola makan sehat dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, sayur, dan buah setelah pesta dan kunjungan ke rumah kerabat selesai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *