Type to search

Makanan

Buah Menteng, Apaan Sih?

Share

Kamu mungkin kenal Menteng sebagai daerah elit di jantung Ibukota Jakarta. Tapi tahukah kamu kalau buah yang berasa asam manis itu termasuk dalam kategori buah langka Indonesia?

Ya, menteng (Baccaurea racemosa) atau dikenal dengan sebutan kepundung (Sunda), rambai atau rambe (Melayu) sudah jarang ditanam di halaman rumah. Bahkan di Jakarta sendiri, menurut Green Map Indonesia tahun 2000 pohonnya hanya ada di halaman Sekolah Argentina atau SD Negeri 01 Gondangdia sekarang. Tapi itu dulu, sekarang pohon itu mungkin tak di temukan lagi di Ibukota.

Buah yang mirip dan berbarengan musimnya dengan duku, manggis dan duren ini konon berkhasiat untuk kesehatan. Terutama untuk kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A. Selain itu menteng juga dipercaya untuk memperlancar haid.

Mumpung sekarang buahnya masih musim, kamu bisa hunting buah ini di pasar-pasar tradisional. Di Jakarta dan sekitarnya kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar-pasar tradisional Bogor, Ciputat, Kebayoran Lama dan Serpong.

Previous Article
Next Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up