Type to search

Makanan

Hidup Lebih Natural dengan Makanan Organik

Share

Makanan organik memang tengah menjadi primadona, terlebih di kalangan masyarakat yang kini semakin mementingkan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa makanan organik dinilai memberi manfaat lebih.

Tidak mengandung Bahan Kimia Pestisida

Pada sayuran dan buah konvensional, petani biasanya menyemprotkan bahan-bahan kimia tertentu untuk menjaga hasil panen dari serangan hama. Pada pertanian organik, petani diharuskan menggunakan bahan-bahan natural untuk menjaga tanaman. Bahan kimia yang dilarang dalam pertanian organik adalah pestisida termasuk herbisida dan pupuk sintesis. Tanaman juga dijaga agar tidak terpapah limbah lumpur, bioteknologi, dan radiasi ion.

Tidak mengandung bahan sintetis, hormon, dan antibiotik

Daging dapat dikatakan organik apabila pada masa peternakannya, peternak tidak memberikan obat-obatan berupa hormon maupun antibiotik untuk merangsang pertumbuhan. Pakan yang diberikan juga bukan buatan pabrikan yang mengandung zat kimia olahan, melainkan pakan natural yang ditumbuhkan secara organik pula. Cara pemeliharaannya pun diperhatikan, menggunakan sistem free range, alias hewan mendapat akses ke tempat terbuka.

Tidak mangandung unsur tambahan

Unsur tambahan yang dimaksud berupa pengawet, penyedap rasa, maupun pewarna. Ketika sampai di tangan konsumen, bahan organik masih natural sebagaimana baru dipetik dari kebun.

Ketiga kriteria di atas menjadikan bahan makan organik memang lebih natural dibandingkan dengan hasil panen konvensional. Namun, usaha esktra memang dibutuhkan untuk memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Usaha ekstra ini yang membuat harga pangan organik cenderung lebih tinggi dibandingkan hasil panen konvensional.

Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pengolahan bahan makanan yang dilakukan ketika makanan sampai di rumah. Untuk daging dan telur, lama waktu memasak memang harus menjadi perhatian karena dapat terkandung bakteri yang dapat merugikan tubuh seperti salmonella atau e. coli.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *