Type to search

Makanan

Kenikmatan Khas Bulan Puasa

Share

Kalau bulan puasa sudah tiba, pasti suasananya sudah berbeda. Ya, bermunculan berbagai iklan makanan dan minuman khas di televisi, bermunculan pula makanan dan minuman khas di sekitar kita! Ini dia, beberapa minuman dan makanan alias kenikmatan khas bulan puasa!

Kurma

Siapa yang bisa lupa dengan “si manis” yang satu ini? Buah kering bertekstur sedikit kasar, namun lumer di mulut! Kurma selalu menjadi primadona saat bulan puasa. Tidak hanya karena rasanya yang enak, tapi juga khasiatnya yang dipercaya baik dan menguatkan tubuh ketika berpuasa. Selain dimakan langsung, kurma juga sering kita temui dalam berbagai olahan: kolak, kue, es, hingga jus atau campuran susu almond. Nikmat!

Kolak

Kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, hingga kolak labu. Makanan penutup, atau sering pula hadir sebagai takjil ini tentu sangat identik dengan bulan puasa! Kuah santan dicampur gula merah, dengan berbagai macam isi, seringkali menjadi makanan yang ditunggu-tunggu ketika bulan puasa tiba. Cara makannya juga berbeda-beda, ada yang suka menikmatinya hangat-hangat, ada pula yang suka menggunakan es batu.

Sirup berbagai Rasa

Kalau sudah melihat iklan sirup di televisi, rasa-rasanya sudah menjadi validasi bahwa bulan puasa akan segera tiba! Supermarket dan pasar tradisional pun rasanya memiliki suasana berbeda ketika sudah terpasang bermacam-macam display sirup disana-sini. Memang sulit membayangkan berbuka puasa tanpa segelas sirup manis dan es batu, dengan gelas yang mengembun karena dingin. Wah, segar!

Gorengan

Kalau makanan yang satu ini, sepertinya memang guilty pleasure semua orang! Renyahnya tempe goreng garing dengan bumbu daun bawang, tahu isi yang panas dan berasap saat dibelah, atau gurih bertekstur dari sepotong cireng? Nikmat! Meskipun sudah tersedia berbagai makanan, siapa yang tetap iuran bersama teman-teman sekantor untuk membeli gorengan saat berbuka puasa?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *