Type to search

Makanan

Makanan Lebaran Khas Indonesia

Share

Selain mudik dan berkumpul bersama keluarga, apa lagi yang menjadi khas saat Lebaran? Tentu saja makanan! Gulai daging, ketupat, dan opor ayam, adalah makanan yang umum ditemui saat lebaran. Tapi, ternyata masing-masing daerah juga memiliki makanan khas yang tak kalah menggoda, loh.

Gulai Nangka Khas Medan

Di Medan dan daerah sekitar Sumatera Utara, Gulai Nangka menjadi makanan yang lazim tersaji di meja makan saat Lebaran tiba. Nangka muda dimasak bersama ceker ayam atau iga daging, dipadukan dengan kacang panjang. Dibumbui menggunakan santan gurih dan cabai, dimasak hingga kuning kemerahan. Lezat!

Rendang Padang

Masakan Padang memang terkenal dengan citarasa yang kuat, membuatnya digemari hampir semua orang di seluruh nusantara. Salah satu masakan padang yang istimewa dan selalu ada ketika lebaran tiba: tentu saja rendang! Daging empuk dimasak dalam waktu lama bersama kentang dan berbagai bumbu rempah, hingga bumbu meresap sempurna, menjadi primadona tidak hanya di Padang, melainkan seluruh Indonesia.

Semur Daging khas Betawi

Di meja makan keluarga Betawi, masakan ini biasanya hadir mendampingi ketupat dan opor ayam saat Lebaran. Potongan daging, biasanya dilengkapi pula dengan telur ayam yang telah direbus sebelumnya, dimasak dengan bumbu manis dan tambahan cita rasa pedas. Dihidangkan dengan taburan bawang goreng, siap disantap di hari raya!

Ayam Gagape khas Makassar

Image: masakapaya.com

Bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan, Ayam Gagape menjadi salah satu makanan wajib saat lebaran. Sekilas, tampilan Ayam Gagape memang mirip dengan opor ayam, namun keunggulan masakan ini adalah tambahan kelapa parut sangrai yang menambah cita rasa gurih pada masakan ini.

Previous Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up