Type to search

Makanan

Mekanisme Pertahanan Diri’ Menghadapi Pancaroba: Makanan Bergizi

Share

Menginjak awal bulan April, hujan masih kerap turun. Perubahan cuaca, suhu, dan kelembaban yang seringkali terjadi tiba-tiba, bisa membuat tubuh menjadi rawan terserang penyakit.

Flu, batuk, demam, adalah kata-kata yang sering terdengar ketika musim hujan ada di sekitar kita. Diperlukan pertahanan ekstra saat musim hujan, demi menjaga daya tahan tubuh agar tahan terhadap berbagai penyakit. Usaha menjaga daya tahan tubuh dapat dimulai dengan menjaga asupan gizi melalui makanan.

Sesuai dengan tradisi yang kerap dilakukan para ibu, sup ayam adalah makanan yang menggambarkan kehangatan. Tidak hanya nikmat dimakan saat hujan, ternyata sup ayam juga dapat memberi energi baik bagi tubuh. Berdasarkan studi dari University of Nebraska Medical Center, sup punya efek anti peradangan ringan.

Penelitian tersebut mengatakan, kandungan dalam sup ayam terbukti memperlambat migrasi sel-sel darah putih ke saluran pernapasan sehingga membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi gejala-gejala batuk dan pilek. Terlebih, jika menggunakan berbagai kandungan rempah seperti jahe yang menghangatkan, atau bawang putih yang memiliki antioksidan, hingga fungsi menjaga ketahanan tubuh dapat makin optimal. Bawang putih juga mengandung bakteri baik yang baik untuk lambung.

Selain bawang putih, semangkuk sayur bayam bening hangat juga nikmat dimakan saat cuaca sedang tak menentu. Tak hanya nikmat, bayam juga bisa menguatkan daya tahan tubuh. Mulai dari asam folat, antioksidan, vitamin C, dan berbagai zat lain yang membantu meregenerasi sel-sel tubuh.

Selain dengan mangkuk sayur berkuah saat makan, hari hujan makin hangat saat dilengkapi dengan segelas teh panas di waktu pagi atau petang. Tidak hanya nyaman di tenggorokan, teh, baik itu hitam maupun hijau, baik pula untuk tubuh. Teh memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang bermanfaat melawan penyakit. Sup ayam, sayur bening, dan teh hangat. Mengingatkan kita akan kehangatan rumah, dan ternyata juga membentengi tubuh saat musim pancaroba datang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *