Type to search

Perjalanan

Hemat Plastik: Tetap Cinta Lingkungan Saat Perjalanan

Share

Ketika perjalanan, akan semakin banyak alasan untuk menggunakan plastik demi alasan kepraktisan. Dalam artikel kali ini, akan dibahas trik-trik untuk tetap menjalankan diet plastik meski dalam perjalanan.

Siapkan Botol Minum

Daripada membeli air mineral dalam botol plastik, siapkan botol isi ulang dari rumah dan isi ulang bisa dilakukan saat berada di hotel atau di restoran.

Bawa bekal berupa peralatan makan

Jika ingin bertualang mencicipi kuliner selama perjalanan atau tidak sempat membuat bekal, siapkan alat makan di dalam tas, sehingga saat jajan bisa menggunakan wadah, sendok, dan garpu sendiri. Selain ramah lingkungan, juga lebih higienis dan baik untuk kesehatan. Saat ini, tersedia pilihan alat makan yang dapat dilipat, sehingga bisa menghemat tempat untuk masuk ke dalam tas.

Bawa tas kain atau tas yang bisa digunakan ulang

Traveling tentu identik dengan oleh-oleh! Dibandingkan menerima plastik untuk membungkus oleh-oleh, bawa sendiri tas kain di dalam tas. Tas berbahan kain atau tas pakai ulang saat ini sudah banyak beredar, dan bahannya cenderung tipis dan mudah dilipat, sehingga membantu kepraktisan perjalanan.

Kurangi jumlah penggunaan plastik

Apabila terpaksa menggunakan plastik, kurangi jumlahnya. Misalnya saat membeli buah di toko tertentu yang diharuskan menimbang dengan plastik, minta pramuniaga untuk menyatukan buah-buahan dalam satu plastik, daripada menggunakan satu jenis plastik untuk satu jenis buah. Sebisa mungkin, jangan buang plastik bekas pakai, namun gunakan kembali untuk berbelanja atau menyimpan pakaian kotor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *