Type to search

Perjalanan

Jalan-jalan Sambil Menyelamatkan Bumi Lewat Earthwatch

Share

Jalan-jalan keliling dunia mungkin menjadi hal yang bisa dilakukan siapa saja yang memiliki sumber daya. Namun apabila dahulu jalan-jalan keliling dunia menyelamatkan lingkungan hanya menjadi kesempatan bagi para ilmuwan, kini semua bisa melakukannya melalui Earthwatch.

Earthwatch Institute adalah sebuah lembaga penelitian yang tidak hanya meneliti, tapi juga memfasilitasi sukarelawan dari seluruh dunia untuk menjadi peneliti. Melalui program ini, siapa saja bisa mendaftar untuk terlibat dalam ekspedisi keren menyelamatkan dunia seperti  meneliti keberlanjutan gajah di Kenya, mempelajari kebiasaan paus pembunuh di Islandia, atau menganalisis hubungan antara ulat bulu dan perubahan iklim di Costa Rica.

Sebagai traveler, pengguna bisa memilih ekspedisi mana yang ingin diikuti. Semua misi adalah misi yang ditujukan untuk kepentingan bumi dan lingkungan di seluruh dunia. Misi-misi ini dibagi menjadi beberapa kategori: kehidupan liar dan ekosistem, arkeologi dan budaya, perubahan iklim, dan pelestarian lautan. Traveler yang dipilih oleh Earthwatch ini nantinya akan terlibat dalam penelitian bersama peneliti-peneliti kelas dunia di tempat-tempat terpencil.

Untuk mengikuti setiap misi, traveler perlu memberikan kontribusi sekitar 2000 hingga 4000 US Dollar yang termasuk di dalamnya semua biaya akomodasi, logistik, dan biaya-biaya penelitian. Misi dilakukan dalam kurun waktu 7 hingga 8 hari bersama ilmuwan-ilmuwan kelas dunia.

Setelah misi penelitian selesai, biasanya Eartwatch bersama komunitas pecinta lingkungan setempat akan menindaklanjuti dengan program-program keberlanjutan demi penyelamatan lingkungan. Untuk traveler yang ingin meninggalkan jejak dan energi baik di bumi ini, program Earthwatch bisa menjadi alternatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *