Type to search

Perjalanan

Serba Serbi Waktu Puasa Di Belahan Bumi

Share

Di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa alias di tengah-tengah belahan Bumi, berpuasa setiap tahun berlangsung pada waktu yang relatif sama, yaitu sekitar 13 jam sehari. Namun bagaimana ya, berpuasa di belahan bumi lain, apakah waktu berpuasanya juga sama? Berikut adalah beberapa negara dengan waktu puasa terlama dan tercepat.

Chili

Di negara yang terletak di Amerika Selatan ini, waktu Subuh adalah sekitar pukul 5.30 waktu setempat, dan matahari terbenam sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Total, warga muslim Chili berpuasa sekitar 7 jam 30 menit saja.

Argentina

Tidak jauh berbeda dengan negara tetangganya, Argentina yang juga berada di belahan bumi selatan pun mengalami waktu puasa yang singkat, berkisar antara 9 hingga 11 jam setiap harinya.

Australia

Meski berada di belahan bumi yang berbeda dengan Chili dan Argentina, waktu berpuasa di Australia juga tergolong singkat karena negara ini juga berada di belahan bumi bagian selatan. Waktu berpuasa di Australia berkisar di sekitar 11 jam setiap hari.

Daerah Arktik

Negara yang termasuk ke daerah Arktik di belahan utara Bumi adalah sebagian Rusia, Alaska, Kanada, Lapland dan Norwegia. Arktik terkenal dengan sebuah fenomana siang abadi di mana di sana, matahari muncul selama 24 jam.

Untuk itu ulama setempat memutuskan untuk mengikuti ketentuan puasa Mekah ataupun negara Timur Tengah terdekat sebagai patokan berbuka puasa dan sahur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *