Type to search

Perjalanan

Tips Menghadapi Arus Balik

Share

Liburan segera usai. Ini adalah pertanda bagi para pemudik untuk segera kembali ke kota rantau. Seringkali, para perantau memiliki jumlah libur dan cuti yang sama, sehingga arus balik pun tak terhindarkan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi arus balik.

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan ada dalam kondisi prima. Lakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk perjalanan arus balik mudik Lebaran. Sempatkan untuk mampir ke bengkel di kota tempat mudik untuk memastikan mesin, oli, bahan bakar, rem, dan berbagai komponen penting lainnya berada dalam kondisi prima untuk menghindari hal-hal tak diinginkan selama perjalanan arus balik mudik. Saat berkendara, selalu patuhi rambu lalu lintas yang ada dan batasi kecepatan. Hindari juga mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Pastikan Perbekalan Lengkap

Selain makanan dan minuman, obat-obatan umum seperti obat mabuk darat, obat sakit kepala hingga obat sakit perut juga perlu dipersiapkan. Kelihatannya memang sepele, namun akan sangat membantu ketika dibutuhkan di perjalanan. Apalagi jika memiliki obat-obatan pribadi seperti obat maag ataupun asma.

Pastikan Gadget dalam Kondisi Siap

Di perjalanan, perangkat gadget pasti dibutuhkan. Mulai dari melihat peta online untuk mencari jalur alternatif, mencari lokasi rest area maupun pom bensin terdekat, hingga hiburan saat perjalanan. Pastikan gadget terisi penuh, siapkan juga charger yang bisa tersambung dengan kendaraan, atau persiapkan power bank dengan mengisinya hingga penuh sebelum berangkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *