Energi Baik Untuk Kita Semua

Tuing!

Suka Makan Mie Ayam? Yuk, Kenali Kisah Mangkuknya

Kamu pasti sering menggunakan mangkuk dengan motif gambar ayam ini saat makan mie atau bakso di tempat penjual makanan. Tapi tahukah kalau mangkuk ini sudah beradab-abad ada? Yuk, kenali!

Kabarnya mangkuk keramik motif ayam ini mulanya berasal dari   Jingdezhen, Provinsi Jiangxi yang terkenal sebagai daerah penghasil keramik. Keramik yang dibuat para pengerajin di daerah ini biasanya digunakan oleh orang-orang istana, termasuk Kaisar Chenghua (1465 – 1487) dari Dinasti Ming.

Namun cerita yang populer adalah kisah Chenghua yang memesan empat buah mangkuk ke Jingdezhen. Sang kaisar meminta pengrajin memberi gambar ayam jago dan ayam betina. Mangkuk inilah kemudian dikenal dengan sebutan Jigangbei atau mangkuk ayam. Ternyata mangkuk ini disukai oleh kaisar-kaisar lain.

Baru pada masa Dinasti Qing, mangkuk ayam mulai dibuat secara masal. Semua orang dari bangsawan sampai rakyat jelata bisa menggunakan mangkuk dengan corak warna merah ini. Para petani bahkan menganggap mangkuk yang bergambar ayam ini sebagai simbol kerja keras. Karena selalu mereka gunakan sebelum berangkat berladang. 

Pada awal abad ke-20, masyarakat Tiongkok banyak yang merantau ke negara-negara di Asia Tenggara. Tentu saja mereka membawa peralatan yang biasa mereka gunakan. Dan sejak itulah mangkuk ayam terkenal dan digunakan oleh banyak orang di Asia, termasuk penjual bakso dan mie ayam yang ada di Indonesia.

Related posts
Tuing!

Bagaimana Jika Anak Termakan Silica Gel?

Tuing!

Perekat “Post It”, Mengapa Aslinnya Berwarna Kuning?

Tuing!

Sejak Gusdur, Imlek Libur

Tuing!

Penasaran? Siapa, Sih, Mempopulerkan Kata "Mantul"?

Daftar untuk berlangganan surat kabar kami dan tetap ter-update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *