Type to search

Uncategorized

Bijak Menggunakan Laptop

Share

Efisiensi dan konsumsi energi adalah elemen desain utama untuk komputer laptop yang membuat perangkat jauh lebih haus daya daripada rekan-rekan PC desktop. Komputer desktop secara permanen ditambahkan ke catu daya besar, menjadikan efisiensi energi sebagai bonus atau keuntungan dibandingkan dengan kebutuhan fungsional. Bahkan komputer laptop berkinerja rendah mungkin kekurangan daya yang ditemukan pada PC desktop, tetapi laptop akan meninggalkan Anda dengan tagihan daya yang jauh lebih rendah pada akhir bulan.

Laptop Lebih Efisien
Komputer laptop mengkonsumsi listrik hingga 80 persen lebih sedikit daripada komputer desktop dan bertahan di antara seperlima dan sepertiga lebih banyak energi. Namun, perbedaan efisiensi energi bervariasi antara model. Laptop yang mengkonsumsi energi lebih tinggi dapat mendekati desktop yang mengkonsumsi energi lebih rendah dalam penggunaan energi yang serupa, tetapi laptop hampir selalu menggunakan daya yang jauh lebih sedikit. Komputer laptop mungkin memuncak pada penarikan maksimum hanya 60 watt, sedangkan desktop umum dapat memuncak sekitar 175 watt. Komputer desktop sering menyertakan catu daya dengan kemampuan maksimum jauh melampaui kebutuhan sistemnya pada 300 watt atau lebih tinggi, sedangkan laptop mengandung PSU yang lebih kecil antara 30 dan 90 watt. Sebagai bonus tambahan, laptop adalah daya tambahan 20 persen lebih efisien ketika berjalan pada daya adaptor AC lebih dari daya baterai.

Manfaat Daya Baterai
Laptop mendapat manfaat dalam efisiensi energi dan area konsumsi bahkan ketika dicolokkan ke stopkontak listrik karena desain bertenaga baterai. Pabrikan sering menggembar-gemborkan berapa lama komputer laptop dapat beroperasi dengan daya baterai sebagai titik penjualan – sebuah laptop tidak akan sangat berguna sebagai solusi komputasi mobile jika perlu dicolokkan setiap 15 menit. Memperpanjang usia baterai dapat dilakukan dengan dua cara: menambah baterai yang lebih besar, lebih berat, dan berkapasitas tinggi ke laptop atau membuat perangkat keras laptop mengonsumsi lebih sedikit energi dan menggunakan energi tersebut dengan lebih efisien.

Kurang Berpotensi Berarti Lebih Sedikit Konsumsi
Laptop memiliki potensi lebih rendah untuk konsumsi daya maksimum karena mereka memiliki PSU yang lebih kecil. PC desktop berkinerja memiliki potensi untuk mengunyah 400Wh pada beban penuh dengan PSU yang lebih besar, sedangkan laptop kinerja mungkin dibatasi hingga 90Wh karena PSU yang lebih kecil. Laptop sering kali menyertakan CPU dan komponen yang kinerjanya lebih lambat, dibandingkan dengan bagian desktop yang bernama serupa, sehingga proses mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan. Selain CPU yang lebih efisien, laptop dapat menampilkan unit pemrosesan grafik yang lebih hemat energi untuk mengurangi konsumsi daya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *